Format Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa SD-MI, SMP-MTS, SMA-MA, SMK.

Contoh Format Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa SD-MI, SMP-MTS, SMA-MA, SMK. Kualitas pendidikan dapat dilihat dari seberapa jauh tujuan pendidikan dapat dicapai. Dalam proses pembelajaran, tujuan pembelajaran tertuang dalam Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai siswa sesuai kurikulum yang berlaku.

Kompetensi dasar merupakan pernyataan minimal atau memadai tentang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Kompetensi dasar sebagai tujuan pembelajaran dideskripsikan secara eksplisit, sehingga dijadikan standar dalam pencapaian kurikulum. Itulah sebabnya kompetensi kognitif dan psikomot dijadikan pencapaian kompetensi bagi siswa, terutama dalam proses pembelajaran.

Pencapaian kompetensi kognitif ini dapat terlihat dari bagaimanasiswa memecahkan masalah dari materi pembelajaran yang diberikan dalam bentuk tes atau bentuk lainnya. Dalam proses pembelajaran guru tentu melakukan penilaian dan lebih baik bila sekaligus melakukan Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa, baik pada jenjang SD-MI, SMP-MTS, SMA-MA, SMK.

Apabila tingkat ke berhasilan kelas masih berada di bawah 75 % , maka pelajaran yang telah diberikan guru belum diserap dengan baik oleh kelas. Untuk itu perlu dikaji kembali apakah soalnya terlalu sulit, atau soalnya sudah benar-benar sesuai dengan indikator, atau cara pembelajarannya kurang baik sehingga siswa kurang memahami materi pelajaran.

Jika soalnya tidak terlalu sulit maka guru perlu memperbaiki kegiatan pembelajarannya termasuk metodenya, media atau strategi pembelajarannya.


Pada umumnya, Secara individu seorang siswa dikatakan telah berhasil menyerap pelajaran apabila skor yang diperoleh sama atau di atas KKM. Apabila tingkat keberhasilan siswa kurang dari KKM maka dikatakan siswa tersebut belum

Langkah selanjut dalam melakukan Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa adalah mengkaji hasil ujian pada soal-soal yang mana saja siswa lulus dan pada soal-soal mana saja belum lulus . Dengan hasil analisis tersebut dapat diketahui kompetensi dasar mana saja siswa tidak lulus atau belum berhasil. Agar hasil Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa dapat dimanfaatkan secara efektif, perlu digunakan tabel spesifikasi yang menunjukkan konsep atau topik kemampuan dasar mana yang belum dikuasai siswa dan mana yang sudah dapat di kuasai siswa. Berikut Contoh format spesifik tentang Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa sebagai berikut:


Contoh Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa


Berikut ini model Contoh Format Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa, lainnya yang bisa juga digunakan oleh para guru SD-MI, SMP-MTS, SMA-MA, SMK sebagai referensi dalam membuat Analisis Pencapaian Kompetensi Siswa.

Link download: https://drive.google.com/file/d/1K0Tj6-of-2aIASKEg34NVEF6RiyS5IGX/view

LihatTutupKomentar